Siberkreasi Netizen Fair 2018: Ajang Kumpul Netizen Kreatif Indonesia

JAKARTA – Siberkreasi Netizen Fair 2018 adalah acara puncak tahunan yang diselenggarakan oleh Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi. Perhelatan ini dimaksudkan untuk mengemas pendidikan literasi digital dengan pendekatan yang populer agar mudah diterima publik. Netizen Fair 2018 digelar selama dua hari, pada hari Jumat-Sabtu, 23-24 November 2018 di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Jakarta.  Di dalamnya, pengunjung dapat menghadiri 21 kelas dan lokakarya gratis, menjelajahi 72 boothyang mendidik dan interaktif, menyimak 8 talkshow inspiratif, serta menikmati penampilan musik dari deretan musisi kenamaan.

 

Sebelumnya, rangkaian Siberkreasi Netizen Fair 2018 diawali dengan kegiatan di empat kota: Surabaya, Bandung, Makassar, dan Medan. Selain hadir di tengah-tengah car free daydi keempat kota tersebut, Siberkreasi juga mengadakan School of Influencer(SOI). SOI adalah pelatihan berjenjang bagi generasi muda yang berkeinginanmenjajaki profesi kreatif di dunia digital.Seribu peserta awal di masing-masing kota diseleksi menjadi 100 orang untuk mengikuti tahapan Training of Trainers dan dipilih 20 besar untuk melanjutkan ke tahapan coaching clinic. Satu orang yang paling cemerlang akan diundang sebagai tamu istimewa ke acara puncak Siberkreasi Netizen Fair 2018. Berkat antusiasme peserta yang tinggi, Siberkreasi SOI diharapkan mampu menjadi kegiatan reguler yang berkelanjutan di tahun-tahun berikutnya.

Mengiringi acara puncak Netizen Fair 2018, Siberkreasi menggelar beragam kompetisi konten positif dengan hadiah menarik. Di antaranya, sayembara desain kaos dan seni corat-coret (doodle) yang berhadiah total 5 juta rupiah. Siberkreasi juga mengadakan kompetisi dan penghargaan kreator “Indonesian Video Creator Awards 2018”. Pemenang kompetisi karya video dan kreator terfavorit Indonesia 2018 bakal dianugerahi Piala Menteri yang langsung diberikan oleh Bapak Rudiantara selaku Menkominfo di malam puncak penghargaan 24 November 2018. Tak hanya piala, pemenang kompetisi dan kreator terbaik berkesempatan memenangkan kamera mirrorless Sony RX100, kamera Sony a6500, dan hadiah lainnya dengan total 100 juta rupiah.

 

“Netizen Fair tahun ini mengambil tema Make Social Media Fun Again!!dan tagar utama #JempolPositif. Kami harap imbauan menjaga perdamaian dan memelihara produktivitas di media sosial berhasil tersampaikan. Siberkreasi mengundang segenap masyarakat untuk berkontribusi mendonasikan konten positif dan ikut merayakan the power of netizen di Siberkreasi Netizen Fair 2018,” ajak Dedy Permadi, selaku Ketua Umum Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi.

 

Siberkreasi Netizen Fair 2018 ialah acara yang sayang untuk dilewatkan. Padat dengan agenda yang edukatif bagi semua umur dan bebas biaya, Siberkreasi Netizen Fair 2018 dapat dijadikan pilihan utama liburan keluarga di akhir pekan. Para orang tua dapat menyimak pengalaman Mona Ratuliu yang baru saja menerbitkan buku “Digital Parenthik” dalam talkshow soal gaya hidup digital. Bagi pegiat digital marketer, dapat mengikuti talkshowdengan pembicara Nukman Luthfie dan Aoura Chandra, pendiri famous.id. Buat yang suka disko, jangan lewatkan penampilan duo Soundwave. Kalau yang ingin nostalgia, boleh berdendang bersama band Potret. Masih banyak keseruan lainnya di acara ini. Informasi lebih lanjut dan jadwal lengkap acara, dapat diakses melalui http://siberkreasi.id.